243 ORANG PPS KABUPATEN BELU DILANTIK HARI INI

  • Version
  • Download 0
  • File Size 16.00 KB
  • File Count 1
  • Create Date January 24, 2023
  • Last Updated May 29, 2024

243 ORANG PPS KABUPATEN BELU DILANTIK HARI INI

Wakil Bupati Belu, Dr. Drs. Aloysius Haleserens, MM hadiri pelantikan dan pengambilan sumpah janji 243 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Belu untuk Pemilu Serentak Tahun 2024.

Pengambilan Sumpah Janji tersebut digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belu di Ballroom Hotel Matahari Atambua, Selasa (24/01/23). Para PPS juga melakukan penandatanganan pakta integritas, yang ditandatangani perwakilan PPS dan Ketua KPU Kabupaten Kabupaten Belu.

Wabup Belu dalam sambutannya mengatakan, anggota PPS yang dilantik hari ini harus bersikap profesional boy138 , serta didukung dengan integritas, independensi dan netralitas dari setiap anggota PPS.

“Anggota PPS yang sudah lantik hari ini agar selalu ingat sumpah dan janji yang sudah saudara-saudari bacakan. Tanamkan selalu nilainya dalam hati, agar benar-benar diaplikasikan disetiap pelaksanaan tugas,” ucap Wabup Belu.

Lanjut Wabup, Tugas dan Kewajiban PPS Pemilu 2024 nantinya akan sangat berat, karena pengalaman pemilu sebelumnya yaitu Pemilu 2019, banyak korban kelelahan pada saat penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara.

“Tugas PPS itu sangat berat dan penting. Pekerjaan ini sangat beresiko, dari aspek kesehatan maupun aspek hukum. Saya harus sampaikan ini, mengingat pengalaman pemilu beberapa tahun lalu. Dengan beban kerja yang tinggi, anggota PPS harus selalu menjaga kesehatan diri melalui olahraga dan istirahat yang cukup,” pinta Wabup Aloysius.

Ia mengingatkan, tunjukkan komitmen anda sebagai penyelenggara pemilu, karena masyarakat menaruh harapan yang tinggi kepada anda semua atas lancarnya pemilu dan pilkada serentak tahun 2024.

“Laksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggungjawab, karena semua masyarakat akan memantau pekerjaan besar ini. Lakukan terus komunikasi dan koordinasi secara berjenjang dengan PPK, KPU, Bawaslu, Polri dan Kejaksaan,” ujar Wabup mengingatkan.

Wabup juga berpesan, kepada PPS Kabupaten Belu yang baru dilantik, untuk bekerja dengan sebaik-baiknya, agar kedepannya pelaksanaan Pemilu 2024 bisa terlaksana dengan baik, jujur adil, dan berkualitas.

“Saya yakin, saudara-saudari yang dilantik hari ini adalah orang-orang hebat dan luar biasa yang memiliki integritas. Tunjukkan prestasi sebagai indikator dan laksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab dan disiplin. Tunjukkan loyalitasmu pada bangsa dan negara, serta menghindari perbuatan-perbuatan tercela,” tukasnya.

Wabup juga mengharapkan kepada

para Camat, Lurah dan Kepala Desa agar membantu memperlancar tugas-tugas anggota PPS dilapangan.

“Saya ingatkan agar tidak boleh mempengaruhi tugas PPS dengan niat yang tidak baik atau mengarahkan mereka untuk melakukan hal-hal yang tidak adil.

Kalau ada ASN yang ketahuan bisa dipecat. Tetapi, saya yakin dan percaya bahwa tugas dan tanggung jawab dari pemerintah kepada saudara-saudari sekalian sebagai PPS, akan dilaksanakan dengan jujur dan adil,” tandas Wabup Belu.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Belu, Mikhael Nahak, S.Sos mengatakan, selamat untuk PPS dilantik, jagalah sikap dan tingkah laku sebagai penyelenggara pemilu, karena menjadi penyelenggara pemilu tidaklah mudah, banyak aturan yang mesti dipahami dan dijalani.

“Laksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai sumpah dan janji yang telah diucapkan, jangan buat keputusan sendiri, tapi harus sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan, dan selalu jalin komunikasi dengan baik bersama Desa dan Lurah setempat dimana saudara bertugas, supaya tugas yang saudara emban bisa berjalan dengan baik dan lancar,” tegas Mikhael Nahak.

Disampaikan Mikhael, hari ini KPU melantik 243 Anggota PPS yang akan bertugas sampai tanggal 4 April 2024. Mereka mengabdi selama kurang lebih 14 bulan. Menurut dia, anggota PPS tidak hanya bertanggungjawab kepada KPU, tetapi kepada Tuhan sesuai sumpah dan janji dihadapan Pastor dan Pendeta.

“Mengurus pemilu itu, kita tidak sendirian tetapi kita akan berkolaborasi dengan begitu banyak pihak dan banyak kepentingan yang akan mendekati kita menjelang pelaksanaan pemilihan di tanggal 14 Februari 2024, baik itu Pemilu Presiden, DPR RI, DPD, DPR Provinsi dan DPR Kabupaten. Oleh karena itu pegang teguh 3 hal penting dalam bekerja, yakni jujur, adil, cermat dan teliti, agar tidak ada pihak-pihak yang merasa dirugikan. Dengan demikian kita dapat menghindari bentuk-bentuk pelanggaran pemilu yang berpotensi pidana,” pungkas Mikhael. (prokopimbelu)

#bupatibelu

#wakilbupatibelu

#sekdabelu

#pemkabbelu

#atambuakotaperbatasan

#atambuabeluntt

#belusehatberkarakterdankompetitif

#perbatasanindonesiatimorleste

#kabupatenbelu

#prokopimbelu